Gadget Premium Dari Google, Nexus 5


Gadget Premium Dari Google, Nexus 5 - SEBANYAK 1.500 unit Nexus 5 ludes dipesan hanya dalam tiga hari di Indonesia. Pioner smartphone berbasis plaftorm Android 4.4 Kitkat ini memang cukup menjadi pusat perhatian. 


Nexus 5: Fitur dan Performa Memuaskan, Suara Standar
Ditopang chipset Snapdragon 800 dan memboyong sejumlah fitur anyar yang baru tersedia di Nexus 5 membuat gadget geek dibuat silau karenanya. kami pun telah menjajal smartphone besutan LG ini, lantas bagaimana kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya.

Desain

Tampilannya terlihat cukup sederhana namun tetap apik. Nexus 5 memiliki bentuk persegi panjang dengan sisi atas yang sedikit melengkung. Tak ada aksen yang begitu mencolok.

Bagian depan hanya dihiasi grill speaker berbentuk bulat dan kamera sekunder. Di bagian sisi terdapat microUSB yang diapit grill speaker. Ada pula tombol power, volume pada sisi yang lain. Juga jack audio 3,5 milimeter (mm).

Logo Nexus dengan modul kamera utama di pojok kiri atas berbentuk bulat cukup mencolok belum lagi bentuknya dibuat mumbul di bagian belakang. Lampu flash LED juga diletakkan berdampingan dengan modul kamera.

Nexus 5 memang hadir dengan desain unibodi, sehingga Anda tak dimungkinkan membuka cangkang belakang, apalagi melepas baterai. Untuk memasukkan kartu SIM, cukup tusuk lubang yang berada di bawah tombol power dengan menggunakan paper clip, untuk mengeluarkan slot SIM.

Meski terlihat simple, keunggulan dari Nexus 5 ialah cukup ergonomis sehingga terasa lebih nyaman. Kemudian sisi bodi yang dibangun dengan bahan keramik memberikan kesan kokoh. Namun yang dikhawatirkan apa jadinya jika terpeleset dan jatuh?

Fitur dan Performa

Mengusung layar 4,95 inci, smartphone hadir dengan fitur full-touch-screen seperti generasi pendahulunya dan tak memiliki tombol kapasitif. Sebagai gantinya, tiga tombol virtual dialokasikan pada bagian bawah layar yang memiliki fungsi masing-masing untuk 'back' yang juga berfungsi menutup keyboard virtual, 'home', dan 'multi-tasking'.

Layar Nexus 5 memiliki resolusi 1.920 x 1.080 dengan kerapatan layar 4,95 inci. Sebagai catatan, iPhone 5S hanya menyuguhkan kerapatan 326ppi dan Galaxy S4 441ppi.

Untuk membuka perangkat, ada beberapa pilihan, dengan menggeser layar pada zona gembok berbentuk lingkaran, pola gambar, deteksi wajah, kata kunci, dan PIN.

Pada posisi perangkat terkunci, Anda bisa mengakses Google Now dengan menggeser layar bawah ke atas. Fitur baru yang disuguhkan Android KitKat memberikan kemampuan mengakses pemutar musik pada saat layar terkunci. Fitur ini memudahkan ketika ingin menggeser lagu yang ingin diputar tanpa harus membuka perangkat. Bahkan Cover Album menjadi latar belakang ketika memutar musik saat perangkat terkunci.

Android 4.4 KitKat yang diadopsi pada Nexus 5 memang hadir dengan peningkatan performa dan fitur memberikan pengalaman akses yang cepat dan responsif. Pada home misalnya, pengguna tak perlu repot mencari aplikasi Google Now, cukup menggeser layar ke kiri maka sejumlah informasi seperti cuaca dan kondisi jalan bisa langsung diakses.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memerintahkan Nexus 5 untuk menjalankan fungsi pencarian melalui perintah suara. Selain itu, platform mobile baru Google ini juga membawa pembaruan lain seperti menyatukan SMS dengan Google Hangouts dan fitur print dokumen langsung melalui Nexus 5.

Performa Nexus 5 cukup responsif dengan menggunakan Google Experian Launcher. Perangkat memiliki dock aplikasi pada bagian atas yang memberikan notifikasi pesan, email, dan ketersediaan pembaruan aplikasi. Google menyisipkan menu Location pada bagian Widget Setting, jika dipilih maka akan muncul halaman dengan informasi layanan apa yang mengaskes lokasi pengguna.

Menyoal dapur pacu, Nexus 5 ditopang dengan prosesor quad-core 2,3GHz dari chipset Snapdragon 800. Kemudian perangkat juga didukung kartu grafis Adreno 330 dan RAM 2GB.

Performa yang disuguhkan sangat memuaskan, ketika menjajal game Asphalt: Airborne, Nexus 5 mampu menjalankan modus grafis high, sebagai perbandingan, ketika Okezone.com menjajal Galaxy Note 3, phablet Samsung itu hanya mampu menjalakan game balapan itu pada modus grafis low.

Kemudian untuk urusan multimedia seperti menyaksikan video dan musik, layar dari Nexus 5 memang memberikan pengalaman yang baik. Tapi sayangnya, suara yang dikeluarkan dua grill speaker tak bagus bahkan bisa dibilang biasa-biasa saja. Ketika memutar musik di luar ruangan, suara tak terdengar jelas.

Di sektor penyimpanan, Nexus 5 hadir dengan model 16GB di Indonesia. Berdasarkan komparasi ketersediaan memori lapang pada Samsung Galaxy S4, LG G2, HTC One Mini, BlackBerry Z30, Sony Xperia Z1, iPhone 5S, Google Nexus 5, dan iPhone 5C.

Nexus 5  menempati urutan kedua dengan menyediakan alokasi memori bebas sebesar 12,28GB. Sementara duo smartphone baru Apple iPhone 5C dan iPhone 5S menempati urutan pertama dan kedua.

12 Responses to "Gadget Premium Dari Google, Nexus 5"

  1. kualitas mumpuni nich... RAM 2GB...

    ReplyDelete
  2. Gadget dari Google Emang Bagus & Tidak Mungkin Menyesel :D

    ReplyDelete
  3. Nexus 5 Ini Kayaknya Gak Akan Kalah Sama Produk2 Lain Dan Ini Juga Dari Google Jadi Pasti Hebat, Good Post Bro ^_^

    ReplyDelete
  4. Jadi kepengen banget punya Nexus 5 -_- tapi gadget yang di produksi Google kualitasnya ga kalah jauh sama produk lainnya ../

    ReplyDelete
  5. semakin berkembang yahh teknologi jaman sekarang

    ReplyDelete
  6. wah keren sayang ane baru beli asus zenfone 4 bisa jadi referensi ni

    ReplyDelete
  7. ngumpulinn duit dulu gannn , nice share :v

    ReplyDelete
  8. Muke gile yang samsung s3 aja belum nyoba -_-

    ReplyDelete
  9. jelass gan :v produk google gak diragukan lagi

    ReplyDelete
  10. kelebihan yang begitu besar. ternyata hanya 3 hari di indo :(

    ReplyDelete

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).